Orang dengan gangguan jiwa adalah orang yang mengalami perubahan pada pikiran, sikap, perilaku dan perasaan yang menyebabkan penderitaan pada orang yg mengalaminya dan mengganggu fungsi dalam kehidupan sehari hari.

 

Gangguan jiwa adalah penyakit medis, bukan gaib atau mistis (masyarakat Indonesia masih banyak yg menganggap gangguan jiwa adalah penyakit non medis). Organ yang terganggu pada orang dengan gangguan jiwa adalah OTAK. Di dalam otak terdapat sistem saraf yang mengatur berbagai fungsi tubuh kita termasuk pikiran, sikap, perasaan, dan perilaku. Gangguan jiwa didiagnosis dari berbagai manifestasi dari perubahan tersebut dalam kehidupan sehari hari yg terdapat dalam pedoman diagnostik yaitu: DSM, ICD, atau PPDGJ.

 

Karena penyebab utama dari gangguan jiwa adalah OTAK maka berbagai modalitas TERAPI untuk gangguan jiwa juga diarahkan ke otak. Saat ini terapi untuk gangguan jiwa dibagi menjadi 3 domain utama yaitu:

  1. Terapi langsung ke otak (Obat-obatan, ECT-Terapi Kejang Listrik, TMS (Transcranial Magnetik Stimulation), Neurofeedback
  2. Psikoterapi (Suportif- Reedukatif- Rekonstruktif)
  3. Rehabilitasi Psikososial (Psikoedukasi, Latihan ketrampilan sosial, remediasi kognitif, terapi okupasi-vokasional)

 

Terapi Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) adalah pemberikan gelombang magnet dengan menggunakan coil ke bagian otak tertentu.  Berbeda dengan ECT yg tidak fokus targetnya, menimbulkan kejang dan ada efek samping maka TMS memiliki kelebihan yaitu :

– direct access (langsung ke otak)

– non invasive (tidak menimbulkan rasa sakit)

– focal (target organnya jelas dan terukur)

 

Gelombang magnet yg diberikan akan mempengaruhi target organ otak yg akan memperbaiki fungsi otak menjadi lebih baik. TMS bermanfaat untuk gangguan kejiwaan seperti:

■ Depresi

■ Cemas (anxiety)

■ Halusinasi auditorik)

■ Penyakit Saraf

■ dll

 

Saat ini RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor sudah memiliki alat TRANSCRANIAL MAGNETIC STIMULATION (TMS) dan sudah dioperasionalkan. Semoga ini dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat yg membutuhkan.

 

👨‍⚕️《LaKe》

 

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ

Psikiater, Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSMM Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here