Dalam kehidupan sehari hari kita sering melihat orang – orang yang secara terus menerus menyalahkan orang lain dan situasi yang membuatnya menderita meski orang lain tidak melihat hal tersebut. Kadang kita menyebut mereka ‘lebay’ karena rasanya terlalu berlebihan dan mulai mengganggu. Ini yg kita sebut sebagai “Victim Mentality”, suatu ‘role’ yg diambil oleh seseorang secara tdk sadar untuk menjadikan dirinya sebagai korban dan kemudian mendapatkan perhatian.  Orang dengan ciri/gangguan kepribadian narsisistik biasanya menunjukkan hal ini karena ada suatu ‘secondary gain’ yg diharapkan yaitu suatu perhatian yg kemudian didapatkannya. Ini terjadi karena sepanjang hidupnya orang ini mengalami ‘Lack of attention’.

‘Victim mentality’ juga bisa terjadi pada ciri/gangguan kepribadian paranoid, yg merasakan ‘insecure’ sehingga muncul sikap, pikiran dan merasakan mengenai adanya konspirasi yg tdk baik mengenai dirinya.

 

Kepribadian yg seperti itu tidak muncul dalam waktu sekejap tetapi merupakan suatu proses psikologi yg dialami sejak kecil. Berbagai konflik, keinginan yg tdk tercapai, kekecewaan, kemarahan yg terpendam, pola asuh dan berbagai situasi kehidupan lain membentuk pola perilaku ini.

 

Apabila dibiarkan berlarut larut maka ini akan berujung pada keadaan DEPRESI yang ditandai dengan gejala:

– mood yg sedih, murung

– tidak bersemangat

– kurang/hilangnya energi

– gangguan pada pola makan dan tidur

– sulit fokus dan berkonsentrasi

– nyeri di berbagai bagian tubuh yg berpindah

– pandangan mengenai masa depan yg suram (madesu)

– keinginan untuk mengakhiri hidup/bunuh diri (suicidal idea)

 

Gangguan ini perlu segera diberikan penanganan. Teman teman dan keluarga terdekat bisa memberikan dukungan dalam bentuk perhatian pola komunikasi yg sehat, kegiatan yg positif sehingga bisa mengalihkan dari fokus/pikiran negatif. Pola hidup sehat perlu dijalankan. Apabila terasa makin berat, segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa seperti psikiater, psikolog, perawat jiwa dan pekerja sosial.

 

Salam sehat jiwa!

 

《LaKe》

 

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ

Psikiater

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here