Di era milenial saat ini, tsunami informasi yang terjadi membuat akal budi dan logika menjadi tenggelam dan kehilangan arah dan bahkan menjadi mati. Otak primitif bekerja seperti respon refleks seolah kita tidak pernah dewasa. Regresi cara berpikir yg kian hari kian mundur tidak boleh dibiarkan. Berita-berita yg belum jelas kebenarannya direspons dengan cepat dengan mengomentari dan menshare berita tsb.

 

Dalam kehidupan ini banyak peristiwa dan situasi yang terjadi silih berganti. Reaksi dan respons setiap orang berbeda beda dalam menghadapi perubahan situasi tersebut. Dan tidak jarang reaksi/respons yang diberikan malah memberikan suatu kekacauan dan kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. Ada beberapa hal reaksi/respons yang mungkin terjadi pada sebuah perubahan situasi kehidupan

 

Reaktif – Menonton dan kemungkinan dibutakan oleh perubahan, dan hanya bergerak ketika dipaksa untuk melakukannya. Seringkali tindakan Anda ini mahal harganya dan tidak efektif. Anda kehilangan peluang dan risiko kegagalan serta kerugian secara ekonomi.

 

Responsif – Mempersiapkan diri  dan menanggapi perubahan yang muncul dan terlihat. Kelincahan  Anda dalam menanggapi perubahan membuat Anda dapat maju dari krisis dan menangkap peluang yang lebih baik.

 

Proaktif – Mengantisipasi dan membentuk suatu perubahan. Anda siap menghadapi krisis dan perubahan yang tajam. Anda dapat meraih peluang di depan orang lain.

 

Berada pada fase manakah Anda saat ini?

 

Are you ‘Soda’ or ‘Water’

 

Semua terlihat dari Sikap, Pikiran, Perilaku dan Perkataan kita !!!

 

Jangan pernah mau menjadi korban perubahan. Antisipasi dan bentuklah SIKAP Anda!  Itu yang menentukan SIAPA ANDA!?

 

Be Proactive! Not Reactive!

 

“EPIPHANIAS”

 

《LaKe》

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ

Psikiater

RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here