Sikap dan Kata Kata
yang Membangun Mental Positif Anak

(Parenting TIPS SEJI-GO )

Setiap anak membutuhkan pertumbuhan dan perkembangan yang baik bukan hanya fisik tapi juga mental emosionalnya. Setiap orang tua tentunya akan sangat memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh anak untuk memastikan mereka mendapatkan yang terbaik. Asupan makanan yang bergizi, sehat dan aman yang pastinya kita akan berikan untuk kesehatan fisiknya.

Apakah kita juga sudah memperhatikan kebutuhan asupan untuk pertumbuhan dan perkembangan mental emosionalnya?

Pada kesehatan fisik, apa yang dikonsumsi dan didapatkan pada masa kecil akan berpengaruh pada kesehatan di masa dewasanya. Demikian juga pada kesehatan mental, sikap dan kata kata yang didapatkan pada masa kecil akan mempengaruhi kondisi kejiwaannya di masa selanjutnya. Di poliklinik jiwa banyak sekali pasien gangguan jiwa yang masih sangat ingat apa yg diucapkan dan dilakukan orang tuanya yang menyebabkan hatinya terluka. Peristiwa traumatis di masa kecil (inner child) dapat berlanjut menjadi masalah/gangguan jiwa di masa dewasa dan tua.

Teori Perkembangan Anak

■ Teori Perkembangan Psikoseksual dari Sigmund Freud menjelaskan bahwa pengalaman traumatis di masa kecil akan tersimpan di alam bawah sadar dan mempengaruhi perilaku di masa selanjutnya.

■ Teori Perkembangan Psikososial dari Erik Erikson menerangkan bahwa terdapat 8 tahapan perkembangan yang dapat berujung pada sisi positif atau negatif tergantung dari interaksi sosial dan konflik yang dialami di periode waktu tsb.

■ Teori Perkembangan Perilaku dari Watson, Pavlov dan Skinner menggambarkan pola perilaku terbentuk dari rewards, punishments, stimuli, dan reinforcement yang didapatkan sejak masa kecil

■ Teori Perkembangan Kognitif dari Piaget memberikan penjelasan bahwa proses berpikir di tiap fase kehidupan akan mempengaruhi cara seseorang memahami dan berinteraksi dengan keadaan sekitarnya.

■ Teori Kelekatan (attachment) dari Bowlby memberikan pengertian bahwa pola kelekatan relasi di masa kecil dengan figur yang bermakna akan mempengaruhi pola relasi sepanjang kehidupannya.

Sangat jelas sekali, kita sebagai orang tua perlu memberikan sikap dan kata kata yang dibutuhkan oleh anak agar pertumbuhan dan perkembangan mentalnya bisa berjalan optimal seperti yang diharapkan.

Sikap dan Kata Kata
yang Membangun Mental Positif Anak

1. Buat anak merasa bernilai

Selalu pastikan bahwa anak merasa bahwa dirinya bernilai bagi orang tuanya. Selalu sampaikan pada anak bahwa dia sangat disayang dan keberadaannya sangatlah penting. Katakan, “papa mama sangat sayang padamu.”

2. Bangun kompetensi anak

Berikan pujian dan apresiasi pada proses yang dijalani oleh anak dan bukan hanya pada hasilnya. Contoh: “Ibu bangga nak, kamu sudah berusaha sangat keras. ”

3. Kehadiran anak membawa bahagia

Saat anak tahu bahwa kehadirannya membuat orang tuanya berbahagia, itu akan membuat harga diri dan kepercayaan dirinya meningkat. sampaikan : “kamu membuat papa bangga dan bahagia.”

4. Pemenuhan diri anak

Saat anak berhasil melakukan sesuatu, katakan bahwa kita bangga atas apa yang diraihnya. Hindari mengabaikan pencapaiannya.

5. Harga diri anak

Sampaikan pada anak bahwa dia unik dan spesial, tidak harus sama seperti anak anak yg lain. Bantu anak menemukan talenta dan potensinya

6. Percaya pada anak

Rasa percaya orang tua pada anak menjadi fondasi yg kokoh untuk kepercayaan dirinya. Tidak apa apa berbuat kesalahan karena dari situ anak belajar melakukan yg lebih baik saat kepercayaan diberikan pada nya

7. Dampingi anak

Dampingi anak dalam menghadapi masalah, kesusahan, kegelisahan dan ketakutannya dengan mengatakan kita akan selalu di sisinya.

8. Bersama sama

Lakukan suatu hal yang baru bersama sama dengan anak. Kebersamaan akan menciptakan ketenangan dan menumbuhkan kepercayaan diri.
Anak juga ditanamkan semangat untuk tidak takut gagal.

9. Ajarkan anak bersyukur

Mengajari anak bersyukur atas apa yg dimilikinya, keluarga, teman, sekolah dll, akan membuat anak merasa cukup dengan apa yg dimilikinya.

Yuk mulai dari sekarang memberikan Sikap dan Kata Kata yang baik bagi anak agar mereka bertumbuh dan berkembang menjadi anak yg kuat, tangguh dan berkualitas demi masa depan yang baik.

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Salam SEJI-GO
(Sehat Jiwa Bersama Lahargo)

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ
– Psikiater
RS.Jiwa.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor
RS SILOAM Bogor
Apotek Mulia Pandu Raya Bogor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here